Gunung Prau, Dieng – Jawa Tengah, Indonesia

Jadi..

Untuk merayakan pergantian tahun 2012 ke 2013 lalu, mencari yang tidak biasa, pergilah kami ke gunung untuk melihat matahari baru ditahun yang baru.

Dataran tinggi dieng ternyata bukan hanya ada kawah, candi, gua, dan air panas (Lihat tulisan saya sebelumnya). Tetapi ada juga suatu sabana yang dipenuhi dengan bunga cantik berwarna warni disepanjang hamparan sabananya. Tidak banyak yg mendaki Gunung Prau ini atau mungkin kalah populer oleh gunung-gunung di jawa tengah lainnya.

Untuk mencapai Gunung Prau kami berjalan lewat belakang penginapan melewati pemukiman penduduk dilanjut melewati ladang. Setelah kira-kira 45 menit berjalan kami mulai masuk hutan dengan medan jalanan tanah sedikit licin karena bekas hujan semalaman dan sedikit menanjak yang membuat banyak istirahat. Setelah kira-kira 2,5 jam lamanya kami berjalan didalam hutan dengan kondisi kabut tebal disertai rintik hujan dan angin kencang kami sampai di Puncak 1. Ya kontur yang unik membuat Gunung Prau mempunyai 3 Puncak. Di puncak 1 lah kami memutuskan mendirikan tenda mumpung belum hujan, saat itu sudah pukul 5-6 sore tapi kabut sudah turun berkali-kali, angin kencang juga sudah tidak bisa dikompromi, 2 teman kami sudah tidak bisa merasakan tangannya sendiri akibat terlalu dingin. Benarlah, tidak lama setelah tenda berdiri hujan pun turun perlahan.

Malam harinya udara lebih dingin lagi dan angin cukup kencang, anginlah yang menurut saya yang membuat udara semakin dingin, jadi salah satu tips saya kesana bawalah wind breaker atau sukur-sukur punya wind breaker dengan daleman polar jadi ga perlu bawa banyak jaket.

Dari Puncak 1 inilah kita bisa mendapati keutuhan dataran tinggi Dieng mulai dari kawah, candi, lahan pertanian, gunung-gunung di sekitarnya bahkan sampai jalanan di Dieng pun bisa kita lihat dari puncak ini. Sedangkan jika kita melirik sedikit ke barat, jauh ke belakang kawasan Dieng, Gunung Slamet, Ciremai, dan pegunungan di dataran tinggi Kabupaten Pekalongan juga akan terlihat. Ke arah utara kita bisa menangkap gambar utuh dari pantai utara sampai kota-kota di kawasan pantura Semarang, Kabupaten Kendal dan Batang, dengan catatan cuaca cerah. Sedikit bergeser ke timur, Gunung Muria, Ungaran, bahkan Lawu sekalipun bisa kita lihat. Selanjutnya deretan gunung di Jawa Tengah bagian selatan seperti Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro menjadi suguhan istimewa saat pagi hari ketika pasukan cahaya merangkak perlahan di sisip-sisip awan menciptakan satu gambar yang tak bisa di hargai dengan uang. tapi tergantung cuaca juga, kalau pas mendung ya mungkin hanya pucuk-pucuk gunungnya saja yang terlihat.

Puncak 3 atau yang lebih populernya disebut Puncak Teletubies merupakan bukit-bukit indah dengan dihiasi berbagai macam bunga. Di musim penghujan bunga-bunga ini akan tampak sangat indah dan warna yang tertampil lebih bervariasi. Ya disinilah sejauh mata memandang adalah kebun bunga yang cukup luas. Terpikir untuk resign dan tetap dibermukim diatas sini tapi apalah daya kenyataan memanggil dan saya kebelet pipis.

Saya akan kesini lagi suatu hari, coba mendirikan tenda lagi di Puncak 3 dan berhadapan langsung dengan Gunung Sindoro. Semoga kalian juga begitu, penasaran untuk kesini, silahkan menikmati salah satu pemandangan terbaik Indonesia

*beberapa kata-kata saya ambil dari beberapa sumber

Ladang Selada

Tagged , , , , , ,

2 thoughts on “Gunung Prau, Dieng – Jawa Tengah, Indonesia

1. Ari_taft says:

Kapan rencana mau ke Prau lagi?