3G PCMCIA OPTION GlobeTrotter FUSION+ EMEA vs 3G USB Huawei E160

Membandingkan kecepatan 2 modem 3G yang jelas-jelas beda interface, yang satu PCMCIA sementara yang satunya lagi USB. Mungkin pada bertanya-tanya ada apa dengan otak yang nulis?? Kebetulan punya dua-duanya, jadi dibandingkan saja mana lebih cepat, lebih stabil dan segala macamnya.

  1. 3G PCMCIA OTION GlobeTrotter FUSION+ EMEA
    Jujur aja, saya gak tau apa pula kepanjangan FUSION dan EMEA apa lagi dengan tanda + (plus) diblakangnya, tapi keliatan keren. Ini bentukkan barangnya.

    PCMCIA OPTION GlobeTrotter FUSION+ EMEA

    Instalasi driver termasuk mudah, installernya sudah ada dalam CD bawaannya. Konfigurasinya dengan software bawaan CD nya sedikit memusingkan, dengan tombol yang tidak pada tempatnya. Mencoba berfikir postif saja, modem ini kan dari eropa, disana banyak yang kidal. Coba upgrade softwarenya dengan GlobeTrotter Connect ver 3.0 akan lebih mudah penggunaanya. Modem ini disertai juga fitur WiFi, cocok buat saya yang WiFI laptopnya bermasalah.
    saat browsing kecepatannya cukup stabil, tidak ada pula adanya tanda-tanda device kepanasan. Dengan menggunakan Matrix broadband 3G  dilakukan 3x tes speedtest dan test donwload menggunakan browser FireFox dan DownThemAll, download manager addons dari Firefox. Berikut hasilnya

    Speedtest IM2 #1

    Speedtest IM2 #2

    Speedtest IM2 #3

    DownThemAll curent speed 27.9KB/s

    Firefox download average speed 27.42KB/s

  2. 3G USB HUAWEI E160
    Kalau yang ini barangnya baru aja dateng, jadi masih hot-hotnya. Secara dia USB jadi gampang aja dia dituncep kemana aja, mulai dari desktop, EEE PC saya yang gak punya slot PCMCIA atau ke DVD Player karena modem ini juga ada slot microSD jadi bisa buat nyimpen data. Saya sih tidak merekomendasikan menjadikan modem ini sebagai FlashDisk, karena 1-2 hal percaya saja apa yang saya katakan untuk tidak menjadikan modem ini sebagai FlashDisk dari pada modem anda tidak berfungsi. Baiklah ini bentukkannya sodara-sodara

    3G USB Huawei E160

    Instalasi mudah, karena sudah bundling dimodemnya, jadi tidak perlu lagi pakai CD. Software yang terinstal adalah Mobile Partner ver 11. Saya belum googling lagi untuk software versi terbarunya. Baik GlobeTrotter maupun Huawei dalam konfigurasi di softwarenya bisa mengatur apakah ingin menggunakan koneksi GPRS only, GPRS preferred, 3G only maupun 3G preferred. Dimana menurut saya settingan seperti ini membantu agar koneksi tetap stabil dan modem tidak cepat panas. Sama seperti GlobeTrotter, dengan menggunakan Matrix broadband 3G  dilakukan 3x tes speedtest dan test donwload menggunakan browser FireFox dan DownThemAll, download manager addons dari Firefox. Berikut hasilnya

    Speedtest IM2 #1

    Speedtest IM2 #2

    Speedtest IM2 #3

    DownThemAll current speed 20.9KB/s

    Firefox download

Kesimpulan. Karena saya membandingan 2 modem dengan interface yang berbeda jelas sulit sekali. Masing-masing punya kelemahan dan kekurangan. Untuk anda yang punya laptop dan ada slot PCMCIAnya bisa coba GlobeTrotter, harganya lebih murah 100rb daripada Huawei, selain itu slot USB yang tersedia bisa digunakan untuk device yang lainya. Sedangkan anda yang kelebihan slot USB dan menggunakan Netbook, maka tidak salah memilih modem USB. Baiklah, semoga ini bisa membantu kawan-kawan semuanya. Question are always welcome and so does with thanks.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: