Berburu Nikon FM2

Nikon FM2

Nikon FM2 Black Body

Beberapa waktu yang lalu saya sedang gencar-gencarnya ngubek-ngubek forum-forum jual beli buat cari Nikon FM2. Karena kebetulan kamera manual saya Ricoh KR-5 dipake adek dijogja buat blajar fotografi. Dan saya “rindu” berfoto-foto dengan kamera manual. Sedikit cerita, sejatinya saya adalah tipikal orang yang konservatif dan konvensional, hasil foto yang rusak atau gagal bagi saya bukan berarti karya gagal, saya masih melihatnya sebagai sebuah karya seni entah yang lain bilang itu sampah.

Nikon FM2

Nikon FM2

Hasil foto dengan berbagai macam retouching disana-sini bagi saya bukan lah sesuatu yang bisa dibangga-banggakan atau dibesar-besarkan. Saya senang sekali menggunakan kamera manual, kamera plastik bahkan kamera lubang jarum, walaupun terkadang ada situasi dimana saya diharuskan menggunakan kamera digital, tapi kepuasan yang saya dapat jauh berbeda dengan yang didapat dengan kamera manual, hasil yang didapatkan benar-benar monumental.

Kenapa Nikon FM2, entahlah, bodynya yang kuat, shutter counter yang unlimited, dan legenda didalamnya lah yang membuat saya jatuh hati kepadanya. Akhirnya setelah lama berburu akhirnya dapet juga bahkan bisa dibilang cukup murah walaupun hanya BO (Body Only a.k.a tanpa lensa) tapi saya dapet sekalian dengan MD-12 (MD : Motor Drive) nya dan itu pun masih fungsi.

Sebenarnya Nikon FM2 ini ada 2 versi, Nikon FM2 dan FM2N. Apa yang membedakan dari keduanya adalah, FM2 shutternya terbuat dari Titanium (yup Titanium) sementara FM2N shutternya terbuat dari Alloy, selain itu juga Flash Sync untuk FM2 1/125 sec dan 1/200 sec sementara FM2N hanya 1/250 sec.





Saya dapet yang FM2 generasi terakhir (sepertinya), karena mo cari yang bener-bener keluaran pertama bakalan sulit banget, barangnya sendiri hanya diproduksi 3.000.000 dan itu pun tersebar diseluruh dunia. Berikut adalah link-link yang membahas tentang FM2.

Thom Hogan
Wikipedia Eng
MIR
NIKON
Ken Rockwell

Sedikit kutipan dari website-website tersebut tentang Nikon FM2

Tom Hogan :

You really can’t find much fault with the FM2n. If Nikon gave me cart blanche to alter the FM2n in any way I wanted, here’s the full set of changes I’d make: (1) add a spot meter; (2) add a film cartridge view window on the back so you can see what film’s in the camera; (3) move the meter indicator to the left side of the frame, next to the shutter speed (alternatively, add a high-eye point finder); and (4) add TTL flash support. That short list of minor changes should tell you why this camera sits in so many pro bags: it’s near perfect.

Nikon :

The Nikon FM2 will be kept in mind for ever as the camera which recommenced the technology development competition.

Wikipedia Eng :

Time has proven the FM2 to be very tough and reliable and it is regarded as one of the best built and rugged mechanical 35 mm cameras of all time.

Nanti kalau ada waktu saya akan bahas lebih panjang lagi tentang kamera ini, saat ini hanya ini saja yang bisa saya tuliskan. Saatnya berburu..

Salam.

Tagged , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

