Indosat IM2 dan Proxy dan beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan 3G

Seberapa cepatkah koneksi IM2 broadband gw dibekasi?? iseng-iseng gw ukur pake speedtest.indosatm2.com dan ini hasilnya

Speedtest Indosat IM2 Broadband

Speedtest Indosat IM2 Broadband

lumayan juga hasilnya. Seingat gw, dolo jaman2nya IM2 baru keluar, untuk dapet 200kbps mah jangan ngimpi deh. Dengan 200kbps jangan ngarep juga bakal bisa nonton YouTube dengan lancar juga, setidaknya harus dibuffer dulu kalo mau lancar.  Padahal gw itungannya udah didaerah yang statusnya masuk kedalam area 3G.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan internet 3G, berikut diantaranya :

  1. Provider : Saat ini mulai banyak provider yang menyediakan akses Internet Unlimited. Untuk GSM ada Telkomsel dengan Flash-nya, Indosat dengan IM2 Broadband dan IM2 Broom, XL dengan Unlimited 3G Xl dan Axis dengan Axis Unlimited. Sementara untuk CDMA sudah ada Smart, Ceria dan Fren dengan Mobinya. Khusus untuk Smart dan Fren sudah mendukung EVDO atau setara dengan 3G GSM. Dengan banyaknya konsumen yang menggunakan salah satu dari sekian paket yang ada maka akan semakin banyak juga jalur yang digunakan. Semakin sedikit maka semakin “lega” karena gak harus rebutan jalur data/bandwidth. Nilai 200kbps yang saya dapat diatas sepertinya pihak Indosat sudah menambah slot datanya seiring dengan semakin banyak konsumen yang menggunakannya.
  2. Lokasi : Prinsipnya ada 2 untuk lokasi. Semakin sedikit orang yang pake semakin kencang. Semakin dekat dengan BTS semakin kencang. Klo gak tau banyak atau tidaknya orang yang pakai 3G dengan provider yang akan anda pilih, ada baiknya mempertimbangkan prinsip ke 2.
  3. Modem : Dalam istilah IT ada yang namanya BottleNeck. artinya, sia-sia aja kalo punya akses yang mendukung 3G tapi yang modem anda gunakan hanya mampu mendukung GPRS atau EDGE. Pertimbangkan modem yang yang sudah mendukung jaringan 3,5G/HSDPA, sukur-sukur sudah mampu mendukung HSUPA. Pilih modem yang stabil, yang tidak naik turun sinyalnya dan tidak mudah panas. Novatel dan Sierra termasuk stabil. Option Globe Trotter agak naik turun sinyalnya. Saya bisa ngomong begini karena saya punya 3 merk tersebut, Novatel U530, Sierra 881 dan Option GlobeTrotter yang saya lupa seri berapa dan tidak bisa saya lihat saat ini karena sedang saya gunakan untuk bikin postingan ini. Mungkin ada yang mau kasih review untuk modem Huawei. USB atau PCMCIA itu hanya masalah selera saja sebenarnya

Sebenarnya IM2 menggunakan proxy tapi mode tranparent. Makanya kadang-kadang IM2 berasanya cepet banget padahal dia ambil data dari cache yang sudah ada. Alamat proxy IM2 ada di 1.1.1.4, 1.1.1.5 dan beberapa lagi. Pintarnya, Indosat menerapakan aturan untuk not allowed to ping ke alamat2 proxy diatas.

Ini sedikit pembuktian kalo IM2 emang pake proxy transparnt

1.1.1.3

IM2 proxy 1.1.1.3

IM2 proxy 1.1.1.4

IM2 proxy 1.1.1.5

IM2 proxy 1.1.1.5

Penasaran pengen ngasih proxy dijaringan IM2, setelah pencarian panjang akhirnya dapat beberapa punya Malaysia dan Arab Saudi.

219.93.178.162:3128

alamat diatas adalah proxy dari Malaysia, penasaran speedtestnya berapa?? ini hasilnya :

Speedtest Indosat IM2 Broadband

Speedtest Indosat IM2 Broadband

gak jauh bedakan? Saran saya sih mending gak usah pake proxy ini, use less, malah lebih kencang gak pake proxy ini. Sementara untuk Arab Saudi gak saya kasih karena hasilnya poor banget a.k.a. menyedihkan. Sukur-sukur bisa nemu proxy dari singapore atau hongkong. Mungkin temen-temen ada yang tau dan bisa berbagi??

Salam.

Tagged , , , , , , ,

20 thoughts on “Indosat IM2 dan Proxy dan beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan 3G

  1. ryujisan says:

    numpang komen…. Salam kenal…😀

    Saya jg pake IM2 Broom Unlimited, tp di rumah cuman dapet EDGE, 3Gnya gak stabil….bikin modem cepet panes (saya pake Sierra 881u)pas di speedtest, down : 136kbps, Up : 45kbps. Emang rumah saya BTS, tp BTSnya blm support 3G…. :p

    Tapi speed yang didapet lumayan kenceng…. Downstream dari situs” penyedia download bisa sampe 30kbps, lumayan lah bwt donlot” ria….

    Poko’e puas lah pake IM2….🙂

    ——————————–
    http://ariksasmita.wordpress.com

    • musthavename says:

      salam kenal juga.

      hehehe cape juga ya deket BTS tapi bukan BTS 3G, mo cari sinyal 3G dipaksa untuk dapet EDGE karena yg terdekat itu. Klo gak salah disetiap modem bisa diset pencarian sinyalnya ingin, EDGE Only, 3G Only atau Automatic. Mending diset EDGE Only saja agar modem tidak kurang ajar nyari2 sinyal lain yang bisa bikin modem panas. Dirumah saya set Globe Trotter saya agar 3G Only.

      Sip deh kalo udah bisa donlot. Selain pake IM2, saya juga pake XL Unlimited 3G dan HaLO.

      salam.

      • ryujisan says:

        Iyo, saya pake EDGE only, soalnya klo maksain pake 3G, blom ada sejam, dia udah disconnect sendiri…. kepanasan…. hehehee…..

        boleh tukeran link? Blognya bagus😀

  2. musthavename says:

    HAHAHA…

    gimana nih caranya tukeran link?? saya orang yang konvensional jadi jarang pake fitur-fitur macem-macem gitu. jadi ketawa sendiri saya..

  3. ryujisan says:

    maksudnya ijin bwt masang linknya mas di blog saya gitu….. Boleh? hehe😀

  4. Johar says:

    Makasih infonya gan….🙂

  5. kiting says:

    yup bener, via proxy ga ada guna menambah kecepatan

  6. partner says:

    Salut.
    Mungkin dari 100orang yang mengeluh parahnya IM2. anda satu2nya orang yg mempunyai review yang positif ttg product tsb.

    Bagaimana dgn sekarang? apakah msh bagus disana?

    • musthavename says:

      Terima kasih sebelumnya.
      Sampai saat ini saya masih menggunakannya, masih berlangganan dan masih membayarnya juga. So far masih baik-baik saja, terima imel dan balas imel, donlot mp3 juga kadang-kadang. Sebenarnya semuanya itu balik ke penggunanya, bagaimana mereka menggunakannya dan lokasi pun menentukan performa.

  7. rorie says:

    saya pengguna Im2 da 8 bulan. posisi saya sekarang berada di jogja. terus terang saya sangat kecewa sama IM2 dan merasa di tipu habis2an. Masa buat maen poker di FB aja berat bgt. lebih parahnya lg teman saya menggunakan modem CDMA Flexy lancar nya minta ampun. dia mengeluarkan biaya cm 50rb per bulan sedangkan saya mesti ngabisin 200 rb. Indoshit im2 emang penipu abiss….

    • musthavename says:

      Kalo boleh tau paket IM2 mana yang anda gunakan??
      Maaf sebelumnya, saya bukan bagian promosi dari Indosat, jadi smua tulisan saya diblog ini bukan membela satu-dua brand, hanya memaparkan apa yang sudah saya gunakan selama ini.

      Tenkyu

  8. saya mau tanya..knapa..IM2 saya sekarang ini tidak bisa dipakai di handphone saya P990…dulu bisa saya gunakan dan connect dengan cepat…why???

    • musthavename says:

      tidak bisa connect atau bisa connect tapi lambat nih?? settingan dihapus dulu deh, terus dibuat lagi. kalo mau lebih yakin lagi, backup henponnya, hard reset, balikin lagi contactnya trus bikin settingan internet baru lagi. harusnya bisa konek lagi mas.

  9. Lapor…Ane mo review IM2 + huawei e 1550 Gan, Ane user m2 broom unlmtd yg 100k/bln…di daerah Solo, untuk saat ni di Solo masi lumayan, bwat download speednya di kisaran 30an kbps🙂

  10. Kilua says:

    Hi smua…. sory nih newbie
    saya pake im2 yg 200k,,, klo main game oL sering DC. saya di bekasi timur
    dan terkadang pada saat membuka tentang hal biologi ” di blog”
    azzzzz
    parah……..
    kecewa bnr…

    • musthavename says:

      Ya memang, beberapa hal yang berkaitan tentang biologi banyak yang diblock, sampai saat ini saya masih menggunakan IM2 saya, sudah pernah coba untuk gunakan antenna tambahan pada modemnya? Saya pernah dan sedikit membantu. Coba saja dulu pinjam punya teman, atau jika mau bisa pinjam punya saya dulu untuk mencoba. Menurut saya IM2 saat ini adalah provider GSM yang masuk akal (secara harga berbanding kualitas, bukan promosi ya) jika dibandingan 4 provider lainnya, XL, Telkomsel, Axis dan Tri mengingat Telkomsel lebih mahal, XL hanya diiklannya saja yang kencang, banyak orang beralih ke Tri sehingga slotnya selalu penuh dan Axis belum sampai sinyalnya🙂

Leave a Reply

