I dont (really) like to use Flash!!

Inilah alasan kenapa kurang gw begitu suka menggunakan flash/blitz ketika gw motret.

OSS Team

OSS Team

hasil yang terlihat bagi gw kurang begitu memuaskan, malah terlihat under exposure, padahal kondisi cahaya saat itu gw bilang sudah cukup terang. Mode yang gw gunakan pada foto ini adalah mode Auto dengan blitz speed 1/60 dan WB Auto. Foto berikut gw foto dispot yang sama dengan jeda hanya beberapa menit saja setelah foto diatas.

Mr. Ferry, Surya, Febri, Mr. Singgih, Amir, Arfan.

OSS Team

Hasil seperti ini adalah hasil yang gw suka, what I see is what I get. Dengan pencahayaan yang baik hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan. Gw menggunakan mode Manual pada foto ini dengan  f/3.8, shutter speed 1/3 sec, iso 400 dan WB Tungsten.

Satu hal yang patut ditakutkan pada penggunaan Manual adanya efek shaking. Kebetulan lensa yang digunakan seri AF-S, jadi fotonya bisa tajam. Beruntung lagi jika kamera anda sudah ada stablizernya, sehingga mau pakai lensa tanpa stabilizernya pun masih mumpuni.

Soal efek shaking akan saya bahas dalam postingan saya yang lain. Dalam postingan ini saya hanya ingin mengajak temen-temen skalian untuk tidak terlalu bergantung pada flash/blitz/speedlight kecuali memang dalam keadaaan low light atau dalam momen serba cepat.

Salam

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

